TINGKATKAN PROFESIONALISME, GURU SMK MUHAMMADIYAH TUMIJAJAR GELAR OPEN CLASS OJT PEMBELAJARAN MENDALAM
Rabu, 15 Oktober 2025 - 10.25 WIB
SMK TO ME - SMK Muhammadiyah Tumijajar menggelar kegiatan Open Class On the Job Training (OJT) Pembelajaran Mendalam sebagai bagian dari program peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang praktik nyata bagi guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik.
Dalam kegiatan open class ini, guru menampilkan praktik pembelajaran secara langsung di hadapan observer. Setiap guru menunjukkan penerapan model pembelajaran aktif seperti Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), dan Discovery Learning yang dikolaborasikan dengan asesmen formatif serta refleksi pembelajaran.
Kepala SMK Muhammadiyah Tumijajar, Sucipto, S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan open class ini bukan sekadar ajang unjuk kemampuan, melainkan sarana pembelajaran bersama. “Open class menjadi wadah bagi guru untuk saling belajar, berbagi inspirasi, dan memperbaiki proses pembelajaran agar lebih efektif dan bermakna bagi siswa,” ujarnya.
Selama kegiatan berlangsung, guru pengampu mata pelajaran umum maupun kejuruan menunjukkan kreativitas dan inovasi dalam merancang pembelajaran yang kontekstual sesuai dengan karakteristik siswa SMK. Peserta open class lainnya melakukan observasi dan memberikan umpan balik konstruktif melalui sesi refleksi bersama.
Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi guru untuk menunjukkan komitmen terhadap transformasi pendidikan yang berorientasi pada _student centered learning_. Dengan berbagai praktik pembelajaran yang menarik dan kreatif, siswa menjadi lebih aktif, terlibat, serta mampu mengaitkan teori dengan konteks kehidupan nyata.
Kegiatan open class ini menjadi bukti nyata komitmen SMK Muhammadiyah Tumijajar dalam mendukung profesionalisme guru serta membangun ekosistem pendidikan yang adaptif dan berkemajuan. Dengan pembelajaran mendalam, diharapkan guru dapat menciptakan suasana belajar yang berkesadaran, menyenangkan, dan bermakna, serta menumbuhkan karakter siswa yang beriman, mandiri, dan berprestasi. (ptr)